Monday, April 09, 2007

In The Middle of Chances or Nothing (bagian 3)

Sepertinya, bagian ini (3) akan menjadi bagian yang terakhir. Bukan karena kehabisan bahan, hanya tampaknya pemintaannya tidak terlalu banyak. Kata orang marketing, niche (ceruk pasar)-nya sedikit. Tapi itu analisis saya sesuai dengan hukum supply-demand. But unless, semoga ceritanya yang terbagi dalam 3 seri ini menjadi rangkaian yang tetap persuasif, provoatif, dan argumentatif. Bagian ini cukup rumit karena mengandung banyak data dan nama. Bagi Anda yang jerawatan, harap hati-hati.

Oke, sekarang masuk zaman revolusi industri yang dimulai di United Kindom (UK). Sebagai catatan, Revolusi Industri (RI) terdiri dari RI I dan RI II. Bapak Industrialisasi Amerika adalah Samuel Slater yang merupakan kelahiran UK dan pernah bekerja pada Richard Arkwright (tokoh besar RI UK). Meskipun UK merupakan negara yang memulai RI, ternyata Amerika Serikat (AS) adalah negara yang paling cepat meniru dan memodifikasi. Persis seperti yang dikatakan oleh Tung Desem Waringin: ”lihat, tiru, modifikasi.”

Semua dimulai tahun 1800-an ketika penemuan-penemuan akbar mulai mengguncang dunia. Harvard, Cambridge, Oxford University (sudah ada sejak tahun 1600-an) sudah menjadi centre of excellence dunia dan semakin memperkokoh RI. Kedua negara ini merupakan negara yang mempunyai kelas engineering tersendiri yang semakin lama semakin dahsyat. Sebagai tambahan, pada zaman ini hidup juga Napoleon Bonaparte yang mempunyai ambisi yang sangat besar karena leadership dan kecerdasan luar biasa yang dimilikinya.

Persaingan engineering UK dan AS tidak dapat dielakkan lagi. Meskipun mereka saudara kandung, keangkuhan kebijakan kerajaan UK pada warga sipil di AS menjadi motivasi lebih bagi warga AS untuk berbuat lebih baik (puncaknya terjadi pada perang sipil AS-tentara UK). AS menjadi semakin digdaya setelah wilayahnya menjadi lebih besar dua kali setelah membeli sebagian tanah ‘Perancis’ di Amerika Utara bagian Timur dari Napoleon (Napoleon pada waktu itu sedang butuh uang untuk menjalankan kebijakan ekspansif Perancis). Wilayah AS kemudian bertambah pesat lagi setelah merebut tanah Mexico di bagian Barat Amerika Utara setelah melalui peperangan sengit AS-Mexico. Momen inilah yang akhirnya membuat AS mempunyai potensi keunggulan (comparative advantages) lebih besar dari UK. Dan...seperti kita akui bersama, dari momen itulah sampai sekarang AS has been building its legitimacy as the most superpower country on earth.

RI II dimulai di medio 1980-an dengan ditemukannya metal baja yang jauh lebih murah dan efisien. Kemudian diikuti oleh penemuan-penemuan luar biasa lainnya seperti telepon (Alexander G. Bell) dan setumpuk penemuan penting oleh seorang Swedish-blooded Yankee Thomas Alva Edison dengan kredo-nya yang sangat terkenal: “jenius adalah 1 persen ide hebat, 99 persen kerja keras”. Pada saatnya nanti Edison mendirikan General Electric (GE) yang sekarang menjadi perusahaan paling untung di dunia dan telah melahirkan the best CEO in the 20th century, Jack Welch, seorang Irish-blooded Yankee yang merupakan seorang chemical engineer. Sebagai catatan, brand yang paling dikenal di AS saat ini adalah Sony (brand Jepang) dan bukannya Coca Cola (peringkat 2). Pada RI II ini, UK sebagai pesaing AS mulai mundur secara bertahap. Kualitas pribadi orang-orang besar AS sangat hebat. Mereka tidak segan-segan menularkan ilmunya kepada warga AS lainnya. Inilah yang membuat knowledge spreading di AS berjalan semakin cepat. Edison sendiri pernah membantu seorang bocah yang bernama Henry Ford yang pada saatnya nanti akan menghasilkan perusahaan mobil Ford yang sempat menggemparkan dunia otomotif dunia sebelum dikalahkan oleh Toyota.

Di zaman itu pula, bisnis mulai mendapat perhatian serius dan orang-orang sangat kaya dari bisnis mulai bermunculan (Andrew Carnegie, John D. Rockefeller, Henry Ford, dll). Percampuran engineering dan bisnis tampak semakin menjadi 2 sisi mata koin alias dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Seorang teman saya, katakanlah namanya Lucky (ini nama sebenarnya =p), berkata bahwa Frederick Taylor (atau lebih tepatnya Frederick Winslow Taylor) adalah Bapak Pendiri Teknik Industri (TI) atau bisa juga sebagai Bapak Ilmu Manajemen Modern. Mana yang benar? Kedua-duanya benar, namun definisi ini harus diruntut lebih historis dan setelah melalui peruntutan historis yang lebih benar adalah tetap kedua-duanya. Sejumlah alasannya akan saya ungkapkan disini juga, sekarang juga, dan gratis!

Seperti sudah diutarakan secara berbusa-busa pada cerita sebelumnya bahwa pada zaman RI, engineering berkembang begitu pesat. Pada zaman itu, engineers berlomba-lomba untuk menghasilkan produknya. Tahap ini belum cukup karena para engineers juga butuh pemasukan agar bisa tetap mendapat segepok roti (bukan sesuap nasi). Oleh karena itu, para engineers mematenkan produknya (zaman itu juga merupakan zaman paten-mematen). Setelah produknya dipatenkan maka siapapun yang ingin menggunakan dan mengembangkannya harus membayar royalti. Disitulah mulai timbul hubungan simbiosis-mutualisme dimana engineers menjadi kaya dengan dikembangkannya produk-produknya. Perusahaan memanfaatkan uangnya untuk memproduksi produk-produk yang tepat guna yang dinantinya akan dibeli oleh publik.

Perusahaan-perusahaan ini mengalami sebuah tantangan untuk bisa memproduksi produk-produk engineering dengan biaya yang termurah, sumberdaya yang terefisien, dan keuntungan yang aduhai. Ingat, pada saat ini belum dikenal ilmu bisnis yang rumit. Artinya dalam sebuah perusahaan (industry), produk-produk engineering itu pun harus diproduksi secara ter-engineered. Dan yang mengerti masalah meng-engineering-kan produksi produk-produk engineering adalah engineers sehingga peran engineers sangat besar. Engineers mesin, kimia, fisika, metalurgi semuanya bercampur dalam industry untuk memperoleh produk-produk engineering sesuai standar baku.

Pada intinya, perlu ada efisiensi dalam memproduksi produk-produk tersebut yang dikenal dengan industrial efficiency. Industrial efficiency ini dibutuhkan agar semua biaya bisa diminimalkan dengan kualitas produk tetap nomor satu. Istilah industrial efficiency inilah yang kemudian dikenalkan Frederick Winslow Taylor kepada dunia perindustrian AS. Karena konsepnya lebih kepada manajemen maka disebutlah dia sebagai Bapak Ilmu Manajemen (bukan modern). Meskipun demikian, dalam konteks zaman itu, ilmu manajemen masih berkutat pada industry dan engineering (industrial efficiency) sehingga timbullah mazhab engineering baru yang dinamakan industrial engineering (TI) yaitu engineering yang berkonsentrasi pada pengembangan, pembaruan, penerapan, dan evaluasi sistem yang teringrasi antara masyarakat, ilmu pengetahuan, peralatan, energi, material, dan proses. Inilah awal mula TI yang dibutuhkan mengingat keterbatasan kemampunan engineers lain (metalurgi, fisika, kimia, mesin) dalam industrial efficiency. Oleh karena itu, TI memang diciptakan untuk mengatur engineers yang lain dan dengan konteks zaman itu, sangat erat kaitannya dengan engineering. Dengan demikian, selain sebagai Bapak Ilmu Manajemen, Frederick Winslow Taylor juga dikenal sebagai Bapak Pendiri Teknik Industri Bagaimana dengan zaman sekarang, apakah tetap seperti yang dulu? Bagaimana pula manajemen zaman sekarang?

Saya mengambil contoh perkuliahan TI di University of Texas A&M yang mendefinisikan engineers TI sebagai seseorang yang mampu berkonsentrasi pada pengembangan, pembaruan, penerapan, dan evaluasi sistem yang terintegrasi antara masyarakat, ilmu pengetahuan, peralatan, energi, material, dan proses (sama dengan definisi TI di atas). Engineers TI diharapkan mampu menyelesaikan masalah secara kreatif dalam segala bidang termasuk ke-eletronikan, telekomunikasi, transportasi, rumah sakit, pemerintah, dll secara efisien. Ingat kata efisien merupakan kata kunci dimana meskipun TI tidak lagi digunakan dalam konteks engineering tetapi tetap harus efisien. Secara umum kuliah TI di University of Texas A&M memuat sistem (produksi: perencanaan, operasi), kontrol, manusia dan ergonomis, statistik dan riset operasi, dan manajemen TI. Benar-benar khas industrial engineering.

Bagaimana dengan di Indonesia? Saya mengambil contoh TI di ITB karena merupakan TI tertua dan terbaik di Indonesia. TI ITB sendiri merupakan jurusan pecahan dari Teknik Mesin dan mulai berdiri sendiri dengan nama Teknik Indutri pada tahun 1967. Kurikulummnya mengalami perubahan yang terus menerus hingga akhirnya mengalami penyerempetan ke arah manajemen dan bisnis yang dapat dilihat pada kurikulum terbarunya. Dalam mata kuliah wajib dicantumkan kuliah Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis; adapun pada mata kuliah pilihan terutama pada KP Rekayasa Manajemen Manufaktur sudah tidak TI banget seperti Manajemen (SDM, pemasaran, keuangan, dan inovasi), Perancangan e-Bisnis, Sistem Pendukung Keputusan, Teori Kepemimpinan dan Motivasi. Mata kuliah semacam ini sama dengan yang diajarkan di jurusan Manajemen (UI, IPB), Bisnis (Prasetya Mulya BS, Bakrie BS), atau Bisnis Manajemen (SBM ITB). Entah kenapa hal ini terjadi, tampaknya TI memang ditakdirkan untuk tidak pernah lepas dari bisnis dan manajemen. Atau, mungkin inilah strategi untuk menarik TI agar tetap eksis di belantara persaingan ITB Idol yang semakin ketat, atau tanyalah pada rumput yang bergoyang, atau tanya saja langsung ke para dosen dan mahasiswa TI-nya.

Yah itulah TI, yang tetap engineering (menurut kesimpulan saya). Meski, sana-sini penuh modifikasi. Lalu bagaimana dengan manajemen? Manajemen berkembang lebih pesat karena menyentuh semua sektor baik privat maupun publik. Manajemen kontemporer tidak lagi melulu dikaitkan dengan industri tetapi bisa dikaitakan dengan bisnis, leadership, atau sekedar ilmu manajemen umum. Karena keterbatasan permintaan, maka pembahasan tentang manajemen tidak akan saya utarakan saat ini.

Akhirnya, bagi Anda yang baca dari awal sampai akhir dengan tekun dan kasih komen, Anda termasuk orang yang nekat, tetapi Anda beruntung karena cerita ini masih gratis. Bagi Anda yang membaca dengan tergesa-gesa dan tetap kasih komen, Anda termasuk orang yang perhatian. Bagi Anda yang tidak baca sama sekali dan tetap kasih komen, Anda termasuk orang yang cari perhatian. Bagi Anda yang sama sekali tidak baca dan tidak komen, saya tidak bisa komentar apapun.

Tamat




18 comments:

Trian Hendro A. said...

kenapa tidak dicantumkan mata2 kuliah 'engineering'? lalu, koq bisa menyimpulkan TI masih engineering. dari awal masuk TI, mhsw TI di-drive utk ke engineering. nah, saat tk 4 (dan S2) baru kemudian spesifikasi itu mengarah setidaknya 2 hal, antara manufaktur dan manajemen (cabang2nya banyak).

saya tidak baca semua, tapi sy komentar...so?

*sayang sekali, form komentar-nya tidak dibuat pop-up, spy sy bs enak ambil artikel2-nya utk dikomentari.

Lucky said...

pledoi nih...'manajemen modern' yg saya maksud itu untuk ngebedain dengan ilmu yg sejenis manajemen yg sebenernya telah ada dari dulu (untuk kemudahan kita sebut aja ancient management). Modern itu periodisasi waktu, untuk menunjukkan keterpisahannya dari ancient management. mungkin mirip ama pembagian filsafat modern-atau lama. kalo kata wiki: Difficulties arise in tracing the history of management. Some see it (by definition) as a late modern (in the sense of late modernity) conceptualization...
Enaknya sih dibilang F.W. Taylor itu penemu scientific management...

quoting Galuh:
"Saya mengambil contoh TI di ITB karena merupakan TI tertua dan terbaik di Indonesia."

SEPAKATTTTT!!!! =p


quoting Galuh:
"adapun pada mata kuliah pilihan terutama pada KP Rekayasa Manajemen Manufaktur sudah tidak TI banget seperti Manajemen (SDM, pemasaran, keuangan, dan inovasi), Perancangan e-Bisnis, Sistem Pendukung Keputusan, Teori Kepemimpinan dan Motivasi. Mata kuliah semacam ini sama dengan yang diajarkan di jurusan Manajemen (UI, IPB), Bisnis (Prasetya Mulya BS, Bakrie BS), atau Bisnis Manajemen (SBM ITB)"

Beda dong...qta lebih engineering. nggak hanya soft tools kayak manajemen, atau practical tools kayak sekolah bisnis.
*pokokna mah TI hebat dah!* hehehehe...

btw, tulisannya bagus, niat amat...

Lucky said...

tambahan lagi:
ada yg kelewat kayaknya k galuh, kalo mo ngebahas engineering.ga bisa dari perencanaan lalu langsung ke revolusi indutri di inggris langsung ke TI. usul: dibahas dulu asal mulanya yg dari militer, lalu diterapin di area sipil (makanya jadi 'civil engineering', nama yg aneh...), baru ke revolusi industri2an...

btw, kenapa template kita jadi sama?

Rachmawati said...

yuhuu... meyakinkan kalo kuliahnya sekarang banyak nyangkut industri... :D
[alamat emailnya ntar Rachma cari dulu ya, lupa mulu hehehe, gomen :)]

Anonymous said...

YTH:
Kami sangat memahami kualitas lulusan / Mahasiswa IF ITB. Dengan Passing Grade SPMB tertinggi se Indonesia, maka kualitas bapak/ibu menjadi jaminan buat kami.

Oleh karena itu kami sangat-sangat mengharapkan bapak dan ibu atau saudara saudari bisa bergabung dengan kami PT Imocha untuk bekerja di Bogor sebagai programmer Java. Untuk lebih lengkapnya mohon klik :

http://imocha-java.blogspot.com

Salam Hangat
Andriyana
0859 2052 1972

Anonymous said...

Sangat Serius dan Sangat Mendesak:

Dicari 10-15 Programmer Java dengan berbagai Level Keahlian untuk bekerja di PT Imocha (www.imocha.com.my). Suatu perusahaan Teknologi Informasi Malaysia. Kandidat yang diterima akan bekerja di BOGOR, JAWA BARAT (Tepatnya di Jalan Pajajaran Bogor). Perusahaan Imocha Malaysia membuka cabang unit produknya di BOGOR.

Tanggung Jawab Umum:

Koding dalam Java menjadi tugas sehari-hari. Area Pengembangan mencakup Teknologi Cutting-Edge seperti: JEE5, GlassFish, Struts2, Teknologi JAX, Apache Service MIx (ESB) dll.
Berpartisipasi dalam pendesainan kebutuhan fungsi dan kebutuhan teknis.
Memberikan ide-ide cemerlang pada tim.
Dapat bekerja dalam deadline yang ketat namun tetap memelihara kualitas software.

Tanggung Jawab Programmer Senior (Gaji Rp 6jt+Medical+Jamsostek):
Memimpin satu atau lebih proyek atau produk pengembangan software.
Bekerja dengan Manajer Produk untuk memastikan semua keperluan dan persyaratan pengembangan terpenuhi.
Secara terus menerus melakukan penelitian dan evaluasi terhadap teknologi yang akan membawa perubahan di masa depan pada bidang software.
Membuat keputusan terbaik dengan pendekatan teknik untuk kebutuhan pelanggan/bisnis dengan mempertimbangkan sisi performa, realibilitas dan skalabilitas.
Tanggung Jawab Programmer Intermediate (Gaji Rp 4,5jt+Jamsostek+Medical):

Mengembangkan produk perangkat lunak dengan 1 atau lebih programmer di dalam tim.
Bisa membuat aplikasi dari scratch atau dari aplikasi yang sudah ada.
Melakukan diagnosa pada koding dan memberikan bantuan teknis dibidang pemrograman pada tim pendukung pada saat aplikasi harus LIVE.
Tanggung Jawab Programmer FreshGraduate (Gaji Rp 3jt+Jamsostek+Medical):

Dengan modal penguasaan OOP, dapat belajar secara cepat dan mandiri mengenai teknologi yang dipakai oleh perusahaan.
Terus menerus melakukan pembelajaran diri.
Mengembangkan produk perangkat lunak dengan 1 atau lebih programmer di dalam tim.
Bisa membuat aplikasi dari scratch atau dari aplikasi yang sudah ada.
Persyaratan(HARUS):
Berbakat dan Memiliki hasrat pada dunia pengembangan perangkat lunak
Fast Learner & Self Starter
Berpengalamn 3-4 tahun dalam pengkodean Java berskala enterprises (posisi senior programmer).
Memahami framework J2EE (khususnya Struts 2), layar persistence (JPA/Hibernate), teknologi SOAP, webservice, GlassFish dan MAVEN.
Bisa berbahasa Inggris minimal pasif.
Nilai Tambah:

Memahami teknologi cutting-edge seperti : JEE5, EJB3, Apache CXF, Service Mix dan Spring.
Paham Oracle.

Peserta yang berminat harap mengirimkan CV via email ke: andriyana.the.mefax@gmail.com sebelum tanggal 13 Maret. Peserta bersedia bekerja di Bogor!!!! atau kontak HP: Andriyana 0859 2052 1972

Anonymous said...

artikelnya mantab-mantab euy....

Anonymous said...

Hello !.
might , probably very interested to know how one can reach 2000 per day of income .
There is no need to invest much at first. You may begin to get income with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you thought of all the time
The firm represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

It is based in Panama with offices everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
Do you want to become an affluent person?
That`s your choice That`s what you really need!

I`m happy and lucky, I started to take up real money with the help of this company,
and I invite you to do the same. If it gets down to choose a proper companion utilizes your money in a right way - that`s the AimTrust!.
I make 2G daily, and my first deposit was 1 grand only!
It`s easy to start , just click this link http://edefiwyk.fcpages.com/ohuxih.html
and lucky you`re! Let`s take this option together to become rich

Anonymous said...

Hi !.
You may , probably curious to know how one can collect a huge starting capital .
There is no initial capital needed You may commense to receive yields with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you need
The company represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

Its head office is in Panama with affiliates everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
Do you want to become an affluent person?
That`s your chance That`s what you really need!

I feel good, I began to get income with the help of this company,
and I invite you to do the same. It`s all about how to choose a proper companion who uses your savings in a right way - that`s AimTrust!.
I earn US$2,000 per day, and what I started with was a funny sum of 500 bucks!
It`s easy to join , just click this link http://abylowil.digitalzones.com/ofegogu.html
and go! Let`s take our chance together to feel the smell of real money

Anonymous said...

[url=http://vonmertoes.net/][img]http://vonmertoes.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]macromedia flash 5.0 software, [url=http://hopresovees.net/]to buy oem software[/url]
[url=http://vonmertoes.net/][/url] buy software to make nero 7 serial number
discount software san [url=http://bariossetos.net/]discount language software[/url] adobe software price
[url=http://hopresovees.net/]softwares for sale[/url] downloadable mobile software
[url=http://hopresovees.net/]free downloads of softwares[/url] buying oem software
student software stores [url=http://vonmertoes.net/]teacher discount software[/b]

Anonymous said...

[url=http://hopresovees.net/][img]http://hopresovees.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]software for a store, [url=http://hopresovees.net/]free invitation software downloads[/url]
[url=http://bariossetos.net/][/url] buy bulk email software commerce shop software
online software sale [url=http://bariossetos.net/]acdsee 10 photo manager[/url] order of software
[url=http://vonmertoes.net/]software shop inc[/url] software for store
[url=http://hopresovees.net/]discount microsoft office 2003[/url] nero 9 disk space reporting error
top software resellers [url=http://bariossetos.net/]adobe acrobat 9 download[/b]

Anonymous said...

Hi !.
might , perhaps curious to know how one can reach 2000 per day of income .
There is no need to invest much at first. You may commense earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you need
The company incorporates an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

Its head office is in Panama with affiliates around the world.
Do you want to become a happy investor?
That`s your chance That`s what you really need!

I feel good, I started to get real money with the help of this company,
and I invite you to do the same. If it gets down to choose a correct partner who uses your savings in a right way - that`s the AimTrust!.
I take now up to 2G every day, and my first investment was 500 dollars only!
It`s easy to get involved , just click this link http://kaliwoto.o-f.com/domakaz.html
and go! Let`s take this option together to get rid of nastiness of the life

Anonymous said...

[url=http://vonmertoes.net/][img]http://vonmertoes.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]serial nero 9, [url=http://bariossetos.net/]tutorial adobe photoshop cs3[/url]
[url=http://bariossetos.net/][/url] buy software license Mac FileMaker
nero 5 a free download version [url=http://bariossetos.net/]computer software discounts for[/url] winzip 12 regcode
[url=http://bariossetos.net/]academic software purchases[/url] discount microsoft office software
[url=http://bariossetos.net/]international software sales[/url] microsoft software upgrade
free order processing software [url=http://hopresovees.net/]online software price[/b]

Anonymous said...

Hi!
You may probably be very curious to know how one can make real money on investments.
There is no need to invest much at first.
You may begin earning with a sum that usually goes
for daily food, that's 20-100 dollars.
I have been participating in one company's work for several years,
and I'm ready to let you know my secrets at my blog.

Please visit my pages and send me private message to get the info.

P.S. I make 1000-2000 per day now.

[url=http://theblogmoney.com] Online investment blog[/url]

Anonymous said...

Good day, sun shines!
There have were times of troubles when I felt unhappy missing knowledge about opportunities of getting high yields on investments. I was a dump and downright pessimistic person.
I have never imagined that there weren't any need in large starting capital.
Now, I'm happy and lucky , I begin take up real money.
It's all about how to choose a correct partner who uses your funds in a right way - that is incorporate it in real deals, parts and divides the profit with me.

You may ask, if there are such firms? I have to answer the truth, YES, there are. Please get to know about one of them:
[url=http://theblogmoney.com] Online investment blog[/url]

Anonymous said...

Glad to greet you, ladies and gentlemen!

Sure, you’ve heard about me, because my fame is running in front of me,
my name is James F. Collins.
Generally I’m a social gmabler. all my life I’m carried away by online-casino and poker.
Not long time ago I started my own blog, where I describe my virtual adventures.
Probably, it will be interesting for you to utilize special software facilitating winnings .
Please visit my web site. http://allbestcasino.com I’ll be glad would you find time to leave your comments.

Anonymous said...

[color=green][size=24]сайт секс знакомств форум[/size][/color]
женщины за 40 секс знакомства секс знакомства без активации знакомства для секса в астане map2
новый уренгой секс знакомства секс знакомства видио секс знакомства кокшетау
секс знакомства в новосибирске секс знакомства для геев секс знакомства город киров секс знакомства г тольятти
секс знакомства без смс волгоград секс знакомства для инвалидов секс знакомства лысьва

Anonymous said...

Поздравления с днем святого Валентина sms
[url=http://idimka.ru/pozdravlenie_%D1%81_day_%D1%81%D0%B2%D1%8F%D1%82%D0%BE%D0%B3%D0%BE_valentina]Поздравления с днем святого Валентина[/url]
Поздравления с днем святого Валентина стихи